Tugas Teknologi informasi

Teknologi informasi dan perilaku social, budaya masyarakat.

Kehidupan manusia di era ini memang tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Hampirseluruh
aspek kehidupan manusia erat kaitannya dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur,beraktivitas hingga tidur lagi. Semuanya berhubungan dengan teknologi.Perkembangan teknologi di era ini amatlah pesat diantaranya dalam bidang industri dankomunikasi. Sehingga timbul efek terhadap budaya kehidupan manusia yang signifikan daripengaruh positif yang menguntungkan, sampai pengaruh negatif yang merusak moral.
Teknologi berasal dari kata teknik dan higos (teknologi berarti ilmu tentang teknik).Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan, teknik adalah cara pengetahuan untukmembuat atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produksi. Menurut Koentjaraningrat,teknologi merupakan satu dari ketujuh unsur budaya yang universal, yaitu sistem peralatanhidup. Budaya atau kebudayaan juga bisa dikatakan sebagai kerangka acuan perilakukehidupan bagi masyarakat pendukungnya berupa nilai-nilai kebenaran, keindahan, keadilan ,kemanusiaan, kebijaksanaan dan lain-lainnya yang berpengaruh sebagai kerangka untukmembentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan wargabudaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan.Teknologi dimanfaatkan manusia untuk memudahkan manusia dalama memenuhikebutuhan hidupnya di berbagai hal. Dengan teknologi segalanya menjadi lebih mudah danproduktif.
 Tak hanya itu, dengan teknologi manusia dapat mengefektifkan serta mengefisienkanwaktu, tenaga serta biaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, sudah bukan hal yangtabu lagi jika manusia zaman sekarang menginginkan segalanya serba instan.Inti dari teknologi adalah media. Semua media yang dapat memudahkan manusia dalammengerjakan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dikatakan teknologi. Ya, itulah makna hal dariteknologi yang paling penting, media atau produk teknologi. Bagaimana media tersebut dapatdijalankan atau dimanfaatkan seoptimal mungkin dengan pengoperasian yang mudah untuk menghasilkan produk yang sebaik mungkin dan memerlukan waktu, tenaga dan biaya seminim mungkin.




11 Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global
Perubahan yang terjadi di dalam lingkup masyarakat memang merupakan perubahan yang normal. Pengaruh perubahan tersebut sangat cepat masuk ke dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan perubahan tersebut dapat berdampak langsung dan mempengaruhi perubahan di satu tempat ke tempat yang lain. Ciri-ciri perubahan sosial yang terjadi dapat semakin berkembang seiring dengan kehidupan masyarakat di era moderninsasi atau di era global. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.
Modernisasi dan Globalisasi
Modernisasi merupakan segala bentuk perubahan masyarakat yang  berpindah dari keadaan yang tradisional atau pra modern menuju masyrakat modern. Pengertian modernisasi menurut para ahli adalah :
1. Widjojo Nitisastro menyatakan modernisasi adalah suatu bentuk transformasi dari kehidupan yang lebih ekonomis dan politis. masyarakat yang tradisional dalam bentuk teknologi atau organisasi sosial ke arah
2. Soerjono Soekanto menyatakan modernisasi merupakan bentuk bentuk hubungan sosial yang berubah namun direncakan terlebih dahulu atau yang biasa disebut dengan social planning. Atau dengan pengertian tersebut, maka secara umum istilah modern mengandung pengertian sebagai berikut :
Modern berarti kemajuan yang terjadi dalam seluruh bidang masyarakat untuk menambah taraf hiduo masyarakat secara merata
Modern berarti kemanusiaan yang tinggi akan nilai peradabannya dalam pergaulan hidup masyarakat
Soerjono Soekanto menjelaskan persyaratan modernisasi adalah sebagau berikut :
Memiliki cara berpikir yang ilmiah dalam suatu masyarakat
Sistem administrasi baik mewujudkan birokrasi
Sistem mengumpulkan data yang baik teratur dan terpusat
Menciptakan iklim manusia dan masyarakat yang menyenangkan terhadap modernisasi
Tingkat organisasi tinggi dimana satu pihak menyatakan disiplin sedangkan yang lain mengurangi kemerdekaan
Globalisasi merupakan proses menyebarnya usnur-unsur baru yang membawa informasi mendunia baik secara cetak maupun elektronik. Globalisasi ada karena disebabakan oleh kamjuan di bidang komunikasi. Masyarakat juga sering menyebut globalisasi sebagai penghapus batas ruang dan wakt. Berikut adalah unsur globalisasi yang sukar diterima oleh masyarakat :
Teknologi rumit dan mahal
Budaya luar tidak bersifat ideologi dan religi
Disesuaikan dengan kondisi masyarakat
Setelah kita mengetahui unsur budaya tidak diterima masyarakat, berikut adalah unsur globalisasi yang mudah diterima anatara lain :
Unsurnya mudah disesuaikan dengan kondisi masyarakat
Memiliki teknologi tepat guna
Adanya pendidikan formal di sekolah
Dampak Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya
1. Dampak positif modernisasi dan globalisasi pada perubahan sosial budaya :
Pergesera nilai-nilai dan sikap masyarakat yang irrasional menjadi rasional
Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi lebih mudah dan berkembang
Industri alat-alat komunikasi dan transportasi yang muali berdiri mampu mengurangi pengangguran sehingga taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik
2. Dampak negatif modernisasi dan globalisasi pada perubahan sosial budaya :
Perkembangan industri-industri membuat masyarakat membunyai pola hidup yang konsumtif
Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat masyarakat acuh tak acuh kepada orang lain sehingga muncul sikap individualistik
Budaya Barat mulai masuk yang terkadang tidak cocok diterapkan di Indonesia
Timbulya kesenjangan sosial antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak rantau